Pages

Tuesday, January 26, 2010

Jalan yang Mudah?

Aku pernah bertanya kepada diriku sendiri? Apakah benar-benar ada jalan yang mudah ditempuh di dalam kehidupan ini? Apakah ada jalan yang bisa ditempuh untuk mendapatkan sesuatu tanpa perlu kita berkeringat dan bersusah payah.

Aku merenung dan mencari, memikirkan apa yang telah aku lalui selama ini, dan memang jalan seperti itu ada. Jalan yang mudah itu ada, mudah bagi diriku, namun bukan berarti mudah bagi orang lain.

Jawabannya bukan berada diluar sana, namun ada di dalam kepala kita sendiri. Sesuatu yang mudah atau sulit itu ada di dalam pikiran kita. Algoritma apa yang akan kita gunakan, atau unit pemroses apa yang ada di dalam kepala kita. Semua ini tidak ada kaitannya dengan IQ atau kecerdasan kita. Bukan pula pengalaman yang telah kita lalui. Namun lebih kepada keinginan dan kemantapan hati. Apakah kita benar-benar mau untuk mengerjakan sesuatu, atau kita hanya hendak bertopang dagu melihat sesuatu.

Tidak ada jalan yang benar-benar mudah untuk dilalui, namun juga tidak ada jalan yang sulit jika kita mau melakukan sesuatu. Bermimpi bukan merupakan kesalahan dan berkeinginan bukan merupakan dosa, namun itu adalah jalan termudah untuk memulai sesuautu yang kita inginkan.

No comments:

Post a Comment